Rabu, 24 Maret 2010

Sambungan Ayat2 Qur'an tentang sabar

Asbabaun Nuzul Al Kahfi: 28 yaitu; Uyainah bin Husnin al-Fazari, salah seorang pemuka kaum Mudlor, bangsawan lagi hartawan, pernah datang kepada Rasululah yg kebetulan Rasulullah sedang berkumpul dg para sahabatnya, yg kuat & teguh imannya, kumal pakaiannya miskin keadaannya, bahkan Salmah Alfaris juga ketika itu sedang mem-belah2 daun kurma untuk dianyam.

 

Seraya bertanya Uyainah kpd Rasulullah: Mengapa engkau tidak merasa mabuk bergaul kumpul bersama orang2 begini? Aku ini bangsawan Mudlor. Jika aku masuk Islam, pasti ber-duyun2lah org lain masuk Islam sedangkan aku tidak masuk Islam itu hanya terhalang oleh orang2 yg begini ini. Kalau mereka diusir saja jangan berkumpul dg kita maka aku juga mau mengikutimu atau kelompok sendiri, jangan campur begini dan biarkanlah mereka berkelompok khusus di tempat mereka.

 

Kemudian setelah itu turunlah surat Al Kahfi ayat 28 yaitu: Dan bershabarlah kamu ber-sama2 dg orang2 yg menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dg mengharap keridloan-Nya & janganlah ke-2 matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan dunia ini & janganlah kamu mengikuti orang yg hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami serta menuruti hawa nafsunya & adalah keadaannya itu melewati batas Tegasnya bershabarlah,

 

jangan meninggalkan saudara sendiri yg sudah jelas imannya walaupun menderita, hanya untuk melayani priyayi baru karena silau oleh dunia, membiarkan/ meninggalkan saudara seagama, mengejar yg banyak harta.

 

RAHASIA SHABAR : oleh al ustadz KHE Abdullah  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar