Kamis, 07 Mei 2009

Artikel-Agar Promosi Jabatan Lancar

Siapa sih yang nggak pengin mendapatkan promosi jabatan? Rasanya nyaris
semua karyawan ingin mendapatkannya. Karena, promosi jabatan biasanya
diikuti hal-hal baru yang akan menaikkan gengsi dan tentu saja kebanggaan
Anda, seperti jabatan baru, tugas-tugas yang lebih penting, penghasilan
yang lebih besar, fasilitas yang lebih oke, dan memiliki bawahan.

Tapi promosi jabatan itu tidak timbul secara otomatis hanya karena lamanya
waktu Anda bekerja. Banyak hal-hal lain yang ikut mendukung promosi
jabatan. Seperti kualitas kerja, prestasi, hubungan dengan atasan dan
rekan-rekan, kreativitas, loyalitas, dan lain-lain. Makanya, kalau Anda
termasuk 'orang lama' di perusahaan tapi kinerja Anda biasa-biasa aja,
jangan berharap banyak untuk mendapat promosi jabatan.

Tapi bagaimana kalau Anda sudah bekerja secara maksimal mungkin, namun
promosi itu tak kunjung datang? Ditambah lagi jika masa kerja Anda
tergolong nyaris 'karatan'. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan
buru-buru menyalahkan perusahaan dan manajemen. Sebaliknya, Andalah yang
harus introspeksi diri. Mungkin ada yang perlu diperbaiki dari kinerja
Anda dan hal-hal lain yang tanpa Anda sadari menghambat promosi jabatan.
Tips berikut ini mungkin berguna bagi Anda.

Coba Anda evaluasi kembali kualitas kerja Anda selama ini. Apa memang
benar Anda telah bekerja secara maksimal? Untuk mendapatkan penilaian yang
objektif, sebaiknya jangan menilai berdasarkan kacamata pribadi. Mintalah
pendapat dan penilaian rekan-rekan Anda. Kemudian, jangan malu-malu
meminta feed back dari atasan. Jelaskan masalah Anda yang sesungguhnya.
Kemudian lihat reaksinya.

Jika reaksi atasan cukup positif, bukan tidak mungkin jika Anda
membicarakan urusan promosi langsung kepada atasan. Bersikaplah lebih
berani mengambil inisiatif meminta kenaikan jabatan. Tapi tentu saja,
persiapkan juga diri Anda untuk mendengar dan menerima kritik dari atasan.
Jangan menganggap kritik tersebut sebagai sesuatu yang menyakitkan namun
manfaatkan kritik sebagai informasi yang dapat meningkatkan mutu kerja
Anda.

Untuk memperlancar pengajuan promosi jabatan Anda, sebaiknya tawarkan
beberapa hal yang berpotensi besar menambah benefit perusahaan. Namun,
jika pengajuan ini ditolak jangan langsung 'down' dan menyerah. Lebih baik
Anda menanyakan apa yang dibutuhkan untuk meraih promosi jabatan di masa
mendatang. Semakin besar Anda menangkap apa yang dibutuhkan perusahaan
maka peluang Anda untuk menggenggam promosi jabatan pun semakin besar.
Selamat mencoba....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar